Bloggerende

Kumpulan Beragam Informasi Ilmu Geografi

Monday 31 August 2015

Macam dan Satuan Bentuk Lahan Asal Struktural

MACAM-MACAM BENTUK LAHAN STRUKTURAL

  1. Bentang alam dengan struktur mendatar (lapisan horizontal)
  2. Dataran rendah, adalah daerah yang memiliki elevasi antara 0-500 kaki dari permukaan air laut.
  3. Dataran tinggi (pletau), adalah daerah yang menempati eleevasi diatas 500 kaki diatas permukaan air laut, berlereng sangat landai atau datar berkedudukan lebih tinggi daripada bentang alam di sekitarnya.



Lahan asal struktural
Ilustrasi Pembentukan Bentuk Lahan Struktural
Bentang alam dengan struktur miring, dibagi menjadi 2 :
  1. kemiringan antara kedua sisi lerengnya tidak simetri denag sudut lereng yang searah perlapisan batuan kurang dari 300 derajat (Tjia, 1987).
  2. Hogback, sudut antara kedua sisinya relative sama, dengan sudut lereng yang searah perlapisan batuan lebih dari 300 derajat (Yjia, 1987). Hogback memiliki kelerengan scarp slope dan dip slope yang hampir sama sehingga terlihat simetri.

 4.    Perbukitan Atau Pegunungan Sinklinal
Sinklinal merupakan bagian lipatan yang memiliki bagian yang lebih rendah dari bagian lipatan lainnya. Lipatan sinklinal akan membentuk permukaan bumi menjadi cekung, contohnya lembah.
Pegunungan/perbukitan sinklinal tersusun dari batuan plastis, terdiri atas lembah-lembah lipatan.
5.    Pegunungan Monoklinal
Pegunungan/perbukitan monoklinal adalah pegunungan lipatan yang terjadi karena adanya tekanan pada satu titik saja yang tingginya >500m disebut pegunungan monoklinal, kurang dari 500m disebut perbukitan monoklinal. monoklinal(homoklinal yang lerengnya lebih dari 11disebut cuesta.
6.    Pegunungan Atau Perbukitan Kubah
Pegunungan/perbukitan kuba (dome) adalah pegunungan/perbukitan tunggal yang lerengnya landai, trjadi karena proses updoming. kubah yang berstadia dewasa dipuncaknya terdapat sistem lembah berbentuk segitiga (triangle facet) yang disebut flat iron. Perbukitan kubah intrusi, disusun oleh material batuan beku intrusi yang memiliki ciri khas membentuk pola aliran sentripetal, soliter (terpisah), biasanya terbentuk pada daerah yang dipengaruhi oleh sesar dan tersebar tidak beraturan.
7.    Pegunungan Atau Perbukitan Plato
Pegunungan/perbukitan plato, merupakan tanah datar dengan struktur horizontal, dengan ketinggian lebih dari 500 m untuk pegunungan dan kurang dari 500m untuk perbukitan. pada umumnya dikelilingi oleh klompok volkan atau rangkaian pegunungan.
8.    Teras Struktural
Merupakan permukaan bertingkat yang terjadi oleh pengangkatan yang berulang-ulang pada suatu tempat, misalnya step fault.
9.    Perbukitan Mesa
Perbukitan yang puncaknya dengan struktur horizontal sebagai akibat proses erosi. perbukitan yang mirip mesa tetapi puncaknya lebih sempit disebut butte. messa dan bute berasal dari plato yang tererosi.
10.  Graben (Slenk)
Tanah patahan yang turun sehingga permukaannya lebih rendah dari daerah sekitar. terjadi karena daerah ttersebut mengalami penurunan/penenggelaman.
11. Sembul (Horst)
Tanah patah yang lebih tinggi dari daerah sekitar, terjadi karena pengangkatan (up lift). kenampakan dominan pada bentuk lahan asal structural adalah adanya sesar yang disebabkan oleh pergeseran posisi lapisan (dislokasi) batuan disuatu tempat

13 comments:

  1. Thanks gan sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. wah terimakasih gan sangat bermanfaat :) kebetulan juga nyari materi ini :)

    ReplyDelete
  3. saya belum tahu daerah saya masuk pada jenis mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda tinggal didaerah mana?
      saya masih memiliki informasi mengenai bentuk lahan daerah2 di indonesia

      Delete
    2. Di tangerang tepatnya di kabupaten nya... Kecamatan Solear

      Delete
    3. ok, gan
      nanti saya akan bahas mengenai jenis tanah di daerah agan (y)

      Delete
  4. waahh bisa buat referensi makalah ipa saya nih , mantap

    ReplyDelete
  5. Wehhh bisa menambah ilmu ane ini john..

    ReplyDelete
  6. bis jadi referensi banyak orang ne gan

    ReplyDelete
  7. Mantap sangat bermanfaat nih nice info gan :)

    ReplyDelete