Bloggerende

Kumpulan Beragam Informasi Ilmu Geografi

Sunday 11 January 2015

Geografi Sosial

sosial masyarakat
Geografi Sosial
Secara umum Geografi Sosial adalah ilmu yang menjelaskan mengenai interaksi antara manusia dengan lingkungan sosialnya yaitu manusia lain maupun kelompok manusia yang ada disekelilingnya. Maksudnya, manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder pasti akan memanfaatkan lingkungan sekitarnya.

Beberapa pengertian geografi sosial menurut para ahli, yaitu:
1. Watson (1957)
Geografi sosial adalah suatu identifikasi daerah (region) yang berdasarkan himpunan gejala sosial hubungannya dengan lingkungan secara keseluruhan.
2. Phal (1965)4.
Geografi sosial adalah studi tentang pola dan proses sosial penduduk dalam ruang tertentu.
3. Buttimer (1968)
Geografi sosial adalah studi pola keruangan dan hubungan fungsional kelompok masyarakat dalam konteks lingkungan sosial mereka, struktur internal dan eksternal dari kegiatan penduduk beserta berbagai jalur komunikasinya.
4. Eyless (1974)
Geografi sosial sebagai analisis pola dan proses sosial yang timbul dari persebaran dan keterjangkauan sumber daya yang langka. Berorientasi pada masalah, atau dengan kata lain geografi sosial harus menangani hasil keruangan sosial (sosio spatial) dari kelangkaan dan persebaran tak wajar daripada sumber daya yang dapat dimanfaat (barang, pelayanan dan fasilitas di masyarakat).
5. Jones (1975)
Geografi sosial adalah ilmu yang bertugas mengetahui pola-pola yang timbul dari kelompok masyarakat yang memanfaatkan ruang, dan mengetahui proses pembentukan dan proses perubahan pola-pola tersebut.
6. Bintarto (1968)
Geografi sosial adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara penduduk dengan keadaan alam demi kemakmuran dan kesejahteraan.
7. Nursid Sumaadmadja (1981)
Geografi sosial adalah cabang geografi manusia yang bidang studinya aspek keruangan yang karakterisik dari penduduk, organisasi, organisasi sosial, dan unsur kebudayaan serta kemasyarakatan.


Lanjut Baca:  1   2   3




No comments:

Post a Comment