Bloggerende

Kumpulan Beragam Informasi Ilmu Geografi

Sunday 14 December 2014

Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)


1. Model Numbered Heads Together (NHT)
Sumantri (2001: 114) mengatakan bahwa 
"Model merupakan cara–cara yang ditempuh guru untuk menciptakan situasi pengajaran yang benar-benar menyenangkan dan mendukung bagi kelancaran proses belajar mengajar dan tercapainya prestasi anak yang memuaskan"
Surachkmad (1990:96) menjelaskan  
Ilustrasi Pembelajaran
"Model adalah cara yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan, makin baik metode itu, makin efektif pula pencapaian tujuan". Menurut Uno (2008:2) "Metode pembelajaran didefinisikan sebagai cara yang digunakan guru dalam menjalankan fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran, metode pembelajaran lebih bersifat prosedural yaitu berisi tahapan tertentu".


Dari pengertian tersebut dapat disimpulkankan bahwa metode mengajar adalah cara yang digunakan oleh guru untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut maka guru harus dapat memilih dan mengembangkan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan.
Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu model dalam pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merujuk pada berbagai macam metode pengajaran dimana siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran. Dalam kelas kooperatif para siswa diharapkan dapat saling membantu, saling mendiskusikan dan menutup kesenjangan dalam pemahaman mereka (Slavin, 2008:4).
Oickle and Slavin dalam Bawn (2007:4), menyebutkan bahwa  
"Cooperative learning is a model of teaching to investigate for the purpose of eliminating the achievement gap. While traditional methods focusing on individualism in schools may attribute to the achievement gap, cooperative learning focuses on interdependence and learning teams ".
Berdasarkan pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kooperatif learning merupakan pembelajaran yang berfokus pada kerjasama kelompok.
Pembelajaran kooperatif merupakan model pengajaran yang mendasarkan pada kerja kelompok, akan tetapi untuk dapat dikatakan sebagai Cooperative Learning ada beberapa unsur yang membedakannya dengan kerja kelompok biasa. Roger dan David Johnson dalam Lie (2008: 31) menyebutkan 
"beberapa unsur dalam pengajaran kooperatif, yaitu: saling ketergantungan positif, tanggungjawab perseorangan, tatap muka, komunikasi antar anggota, evaluasi proses kelompok".

No comments:

Post a Comment