Bloggerende

Kumpulan Beragam Informasi Ilmu Geografi

Saturday 13 September 2014

Dampak Erosi Terhadap Kehidupan

DAMPAK EROSI TERHADAP KEHIDUPAN
  oleh 
Ismail Sia Buga

Pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan tekanan terhadap lahan tinggi dan pada gilirannya menyebabkan penurunan fungsi DAS. Konflik penggunaan lahan muncul akibat adanya perbedaan kepentingan dari berbagai pihan dengan bermacam alasan. Perbedaan kepentingan ini menyebabkan tidak terciptanya sinkronisasi pengelolaan DAS di hulu dan hilir. Pada daerah hulu, penduduk melakukan konversi lahan berhutan menjadi pertanian.  

Pola usahatani yang dikembangkan umumnya berorientasi kepada pasar yang pada gilirannya menyebabkan petani tidak menggunakan system usahatani yang berwawasan lingkungan sebab usaha yang berorientasi kepada perlindungan fungsi DAS seringkali tidak dapat diukur manfaatnya secara ekonomi. Usahatani yang dikembangkan di daerah hulu dapat mempengaruhi biaya langsung dan tidak langsung dari system perekonomian di hilir akibat erosi dan sedimentasi serta akibat perubahan pola hidrologi serta kualitas air yang semakin rendah. Biaya yang timbul tidak terintegrasikan dalam struktur pengelolaan lahan di hulu dan mempengaruhi pemilik lahan dan pemakai air di hilir.
Manfaat dan biaya di off site tidak terlihat dalam struktur keputusan petani tetapi merupakan bagian tidak terpisahkan dari dampak ekonomi yang ditimbulkan akibat perubahan penggunaan lahan. Dampak dari perubahan penggunaan lahan ini secara potensial mempunyai dampak turunan yang cukup luas tidak hanya pada sector pertanian. Dampak ini menyebkan terjadinya distorsi dalam pasar dan bias ini berdampak kepada kebijakan dan pengambilan keputusan dalam pengelolaan DAS dan lingkungan.

erosi
Proses Terjadinya Erosi

Salah satu bagian penting dari budi daya pertanian yang sering terabaikan oleh para praktisi pertanian di Indonesia adalah konservasi tanah. Hal ini terjadi antara lain karena dampak degradasi tanah tidak selalu segera terlihat di lapangan, atau tidak secara drastis menurunkan hasil panen. Dampak erosi tanah dan pencemaran agrokimia, misalnya, tidak segera dapat dilihat seperti halnya dampak tanah longsor atau banjir badang. Padahal tanpa tindakan konservasi tanah yang efektif, produktivitas lahan yang tinggi dan usaha pertanian sulit terjamin keberlanjutannya.


download


1 comment: