Bloggerende

Kumpulan Beragam Informasi Ilmu Geografi

Sunday 13 May 2012

Manfaat Mempelajari Geografi Bagi Peserta Didik (Siswa)


Selama ini sebagian besar masyarakat indonesia kurang begitu tertarik dengan geografi. Ilmu  geografi dipandang sebelah mata. padahal jika kita mengetahui seberapa penting ilmu geografi bagi negara indonesia. Mengingat posisi negara Indonesia yang berada pada daerah pertemuan tiga lempeng besar dunia menyebabkan indnesia sering mengalami berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus dan sebagainya. tentunya kita masih mengingat dengan jelas mengenai Kejadian gempa dan tsunami di Aceh, Pangandaran dan Kepulauan Mentawai yang membawa begitu banyak korban jiwa, kehancuran sarana infrastruktur  dan menyebabkan
keterisolasian daerah atau wilayah yang dilanda bencana. Bencana selalu membawa korban jiwa, namun hal itu dapat diminimalisir dengan mempelajari fenomena-fenomena yang berkaitan tentang sebelum bencan tersebut terjadi. fakta dilapangan bahwa masih banyaknya korban jiwa jika terjadi bencana seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi maupun tsunami. Hal  terjadi Karena kurangnya  wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang ilmu geografi. Kebanyakan para  orang tua lebih menekankan pada anak-anak mereka untuk lebih mendalami ilmu lain diluar geografi seperti matematika, fisika, bahasa,dll.
Oleh sebab itu disini saya menulis manfaat apa yang akan diperoleh para peserta didik (siswa) dengan mempelajari ilmu geografi. 
  1. Geografi mengajarkan dan mendidik agar siswa memiliki keterampilan -  Membaca peta dan menginterpretasikan informasi
  2. Mampu menggunakan peta, table, grafis maupun teks untuk membantu dalam menyelesaikan masalah dalam pelajaran atau dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Geografi Membantu mempelajari ekonomi dunia dengan mengetahui fenomena beserta tempatnya sebagai dasar untuk merencanakan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan.
  4. Memberikan kontribusi untuk kerja sama internasional khusus perekonomian dunia
  5. Membantu menjadi warga negara yang baik, dengan meletakan lokasi kejadian penting dinegara kita sehingga dapat memahami hubungan antara geografi dengan kebijakan nasional dan internasional
  6. Geografi dan ekonomi mempunyai hubungan yang erat seperti lokasi sumber daya alam, jaring-jaring transportasi dan teknologi yang digunakan , tingkat industrialisasi, dan produksi energy dan pola.
  7. Geografi Membantu peserta didik untuk mengenali dunia disekitarnya. Bukan hanya mengenali, peserta di didik mengeksplorasi sehingga menmukan fenomena-fenomena mengenai lingkungan disekitar Mereka.


No comments:

Post a Comment