Bloggerende

Kumpulan Beragam Informasi Ilmu Geografi

Tuesday 1 October 2013

Tanah Ultisol

Ultisol, umum dikenal sebagai tanah liat merah, adalah salah satu dari dua belas perintah tanah di Amerka Serikat. Departemen Pertanian taksonomi tanah mendefinisikan sebagai tanah mineral yang tidak mengandung bahan gamping yng banyak di dalam tanah, memiliki mineral lapuk kurang dari 10% di lapisan atas tanah yang ekstrim, dan memiliki kejenuhan basa dikurangi 35% di seluruh tanah.

Ultisol hanya ditemukan di daerah-daerah dengan suhu tanah rata-rata lebih dari 80C. Ultisol adalah tanah dengan horizon argilik atau kandik bersifat masam dengan kejenuhan basa rendah. Kejenuhan basa (jumlah kation) pada kedalaman 1,8 m dari permukaan tanah kaurang dari 35 persen, sedang kejenuhan basa pada kedalaman kurang dari 1,8 m dapat lebih rendah atau lebih tinggi dari 35 persen.

Tanah
Tanah Ultisol
Tanah ini umumnya berkembang dari bahan induk tua. Di Indonesia banyak ditemukan di daerah dengan bahan induk batuan liat. Tanah ini merupakan bagian terluas dari lahan kering di Indonesia yang belum dipergunakan untuk pertanian. Terdapat tersebar di daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi< dan Irian Jaya. Daerah-daerah ini direncanakan sebagai daerah perluasan areal pertanian dan pembinaan transmigrasi. Sebagian besar merupakan hutan tropika dan padang alang-alang. Problema ini adalah reaksi masam, kadar Al tinggi sehingga menjadi racun tanaman dan menyebabkan fiksasi P, unsure hara rendah, diperlukan tindakan pengapuran dan pemupukan. Tanah yang termasuk ordo Ultisol merupakan tanah-tanah yang terjadi penimbunan liat di horison bawah, bersifat masam, kejenuhan basa pada kedalaman 180 cm dari permukaan tanah kurang dari 35%. 

Padanan dengan sistem klasifikasi lama adalah termasuk tanah Podzolik Merah Kuning, Latosol, dan Hidromorf Kelabu. Kata "Ultisol" berasal dari "ultimate", karena Ultisol dipandang sebagai produk akhir dari pelapukan mineral terus menerus dalam iklim hangat lembab tanpa pembentukan tanah baru melalui glaciation. Ultisol bervariasi dalam warna dari ungu-merah, orange kemerahan dengan terang-menyilaukan, untuk oranye pucat kekuningan-dan bahkan beberapa nada kekuningan-coklat tenang. Mereka biasanya cukup asam, sering memiliki pH kurang dari 5. Hasil warna merah dan kuning dari akumulasi oksida besi (karat) yang sangat tidak larut dalam air. Banyak nutrisi, seperti kalsium dan potasium, biasanya kekurangan Ultisol, adalah tidak dapat digunakan untuk pertanian menetap tanpa bantuan pupuk kapur dan lainnya seperti superfosfat. Mereka dapat dengan mudah lelah, dan memerlukan pengelolaan yang lebih hati-hati dari Alfisols atau Mollisols. Namun, mereka dapat dibudidayakan di kisaran yang relatif luas kondisi kelembaban. Ultisol dapat mengandung berbagai mineral tanah liat, tetapi dalam banyak kasus mineral yang dominan adalah kaolinit. tanah liat ini memiliki daya dukung yang baik dan tidak ada properti shrink-membengkak. Ultisol kaolinitik Akibatnya, baik dikeringkan seperti seri Cecil yang cocok untuk pembangunan perkotaan. 


Baca Juga,
Karakteristik tanah Ultisol
Sifat Kimia Tanah Ultisol
Persebaran Tanah Ultisol



Ultisol adalah tanah yang dominan di Amerika Selatan (di mana seri Cecil yang paling terkenal), China tenggara, Asia Tenggara dan beberapa daerah subtropis dan tropis lainnya. batas utara mereka (kecuali tanah fosil) sangat tajam didefinisikan di Amerika Utara oleh batas-batas glaciation maksimal selama Pleistosen karena Ultisol biasanya mengambil ratusan ribu tahun untuk membentuk - jauh lebih lama dari panjang suatu periode interglasial hari ini. Ultisol tertua yang diketahui dari periode Carboniferous ketika hutan pertama kali dikembangkan. Meskipun diketahui dari jauh di utara dari jangkauan mereka saat baru-baru ini sebagai Miosen, Ultisol mengejutkan jarang sebagai fosil secara keseluruhan, karena mereka akan telah diperkirakan akan sangat umum di Mesozoikum hangat dan paleoclimates Tersier.


Lanjut Baca:  1   2   3








5 comments: